Selasa, 18 November 2014

Manfaat Jagung Untuk Kesehatan

Jagung sangat mudah didapatkan, selain menanamnya cukup mudah, jagung bisa menjadi makanan pokok pengganti nasi. Bertanam jagung juga tidak membutuhkan biaya terlalu banyak jika ditanam dalam skala rumahan, karena banyak mengandung karbohidrat dan nutrisi tinggi, untuk alasan itu sehingganya banyak juga orang yang menjadikan jagung dalam bentuk olahan makanan lain, salah satu contohnya Popcorn, jagung bakar, dan gorengan jagung, 

Setelah ditelisik lebih jauh banyak sekali manfaat dan khasiat jagung bagi kesehatan tubuh kita, berikut penjelasan manfaat jagung sebagaimana dikutip dari berbagai sumber melalui pencarian mbah Google.

1. Antioksidan
Jagung kaya akan asam fenolik senyawa ferulic, agen anti kangker, terbukti efektif memerangi tumor pada kangker payudara dan kangker hati.

Pada jagung terdapat kandungan Anthocyanin yang mampu membasmi radikal bebas penyebab kangker, selain itu antioksidan pada jagung juga dapat membuat kulit sehat dan awet muda, dalam pengembangan teknologi olahan jagung juga bisa dijadikan dalam bentuk tepung, sebagai bahan utama pembuat kue, selain itu jagung ternyata juga bisa digunakan sebagai bahan kosmetik dan berfungsi sebagai obat ruam dan iritasi kulit.

2. Kaya akan asam linoleat
Berhubung tubuh manusia tidak memproduksi asam linoleat, maka harus didapatkan dari makanan, salah satunya adalah minyak jagung, asam linoleat adalah asam lemak esensial yang bersifat tidak jenuh dan sangat baik untuk kesehatan, asam linoleat diperlukan untuk asupan dan transportasi vitamin d

3. Sumber vitamin B
Bila anda kurang darah atau anemia, jagung manis adalah alternatif penambah sel darah merah dan juga zat besi, vitamin B12 pada jagung mampu mencegah anemia yang disebabkan kekurangan vitamin ini, selain itu kandungan B2-nya berfungsi mempertahankan keseimbangan sel tubuh.

4. Sumber kalium
Kalium berperan penting sebagai elektrolit yang membantu mengatur tingkat cairan dan menjaga keseimbangan air dalam tubuh, kalium bersifat diuretik yang bisa melancarkan pembuangan air seni, sehingga bisa mengatasi infeksi saluran kemih, menurunkan kadar asam urat dan mencegah batu ginjal.

5. Sumber vitamin C
Mengkonsumsi minyak kulit jagung dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh, vitamin C, karotenoid dan bioflavinoids yang terkandung didalam jagung manis menjaga jantung tetap sehat dengan mengendalikan kadar kolesterol dan meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

6. Sumber asam pentotenat (Vitamin B5)
Vitamin B5 berperan dalam proses metabolisme karbohidrat, protein dan lemak untuk diubah menjadi energi, vitamin tersebut diperoleh dari jagung.

7. kaya asam folat
Ibu hamil butuh sekali asam folat, jika kekurangan asam folat bisa mempengaruhi pertumbuhan janin, asam folat mencegah bayi kekurangan berat badan dan cacat lahir, selain itu konsumsi jagung pada ibu hamil juga dapat memperlancar ASI

8. Mengandung beta karoten
Beta keroten diperlukan untuk membentuk vitamin A dalam tubuh, penting untuk kesehatan mata dan kulit.

9. Jagung mengandung serat
Jagung adalah sumber serat yang sangat baik, sehingga sehat untuk sistem pencernaan. Dalam satu cangkir jagung mengandung 18,4 persen serat dari jumlah harian yang dibutuhkan tubuh, karena kaya serat makan jagung dapat mencegah sembelit, wasir dan resiko kangker usus besar, selain itu serat kasar pada jagung memberi rasa kenyang yang lebih lama sehingga cocok bagi yang ingin menurunkan bertat badan.

10. Sumber mineral
Mineral penting yang didapat dari jagung terutama fosfor yang sangat penting bagi kesehatan tulang dan gigi, selain itu sumber magnesium, besi, mangan, seng dan tembaga, magnesium mebantu menjaga kesehatan jantung.

11. Anti aterogenik
Minyak jagung telah menunjukkan sifat anti aterogenik yang berefek pada kadar kolesterol, sehingga mencegah resiko penyakit kardiovaskular.

12. Sumber protein
Dalam 100 gram jagung mengandung 9,2 gram protein, protein membantu membentuk jaringan otot baru dan meningkatkan kerja sel dalam tubuh, selain itu protein juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan pelepasan insulin.

13. Pigmen fenolik flavonoid
Pigmen ini tampak pada warnanya yang kuning, mengkonsumsi makanan alami yang kaya akan flavonoid akan mebantu mencegah kangker paru-paru dan kangker rongga mulut.

Demikianlah manfaat jagung untuk kesehatan, mengkonsumsi satu jagung saja sudah mendapatkan semua manfaat kesehatan diatas.

menanam tanaman
(Sumber foto : pondokibu.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar