Senin, 17 November 2014

Kandungan Buah Melon dan Khasiatnya

Melon termasuk dalam family labu-labuan atau Cucurbitaceae, buah ini berasal dari timur tengah, secara bertahap mengalami penyebaran hingga ke benua eropha, bahkan menurut beberapa sumber, catatan tentang buah melon sudah ada semenjak zaman mesir kuno.

Tahun tujuh puluhan buah melon mulai masuk ke pasaran Indonesia, namun pada saat itu buah ini tergolong 'buah-buahannya orang kaya" karena harganya yang sangat mahal, kini seiring dengan perkembangan zaman, buah melon sudah di budidayakan secara luas di Indonesia, sehingga bisa didapat dengan harga terjangkau dan dapat dinikmati oleh semua kalangan masyarakat.

Kandungan Nutrisi buah Melon
Selain memiliki rasa yang segar, buah melon juga mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, dalam 100 gram daging buah melon terdapat zat gizi penting seperti karbohidrat 14,8 gr, protein 1,55 gr, lemak 0,5 gr, potassium 546,9 mg, vitamin A 5.706,5 IU dan vitamin C 74,7 mg.

Manfaat kesehatan buah Melon.
Dengan kandungan nilai gizi yang cukup lengkap, maka tidak heran jika buah melon menjadi buah pilihan yang digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah berbagai penyakit.
1. Anti kangker
Seperti halnya kemampuan buah-buahan segar yang lain, buah melon juga memiliki kemampuan untuk menangkal serangan kangker karena kandungan karotenoid merupakan pigmen pemberi warna pada buah dan sayuran, kandungan karotenoid yang tinggi pada buah ini dapat mencegah serangan kangker.

2. Cegah serangan jantung
Selain efektif mencegah serangan kangker, kandungan Adenosine pada buah melon juga mampu menghentikan penggumpalan sel darah yang dapat mengakibatkan serangan jantung dan stroke, Adenosine bekerja dengan cara melancarkan peredaran sel-sel darah merah sehingga memperkecil resiko serangan jantung dan stroke.

3. Awet Muda
Kandungan zat kolagen pada buah melon mampu mencegah penuaan, klagen juga mampu mempercepat penyembuhan luka.

4. Menu diet
Lebih dari 90 persen kandungan buah melon adalah air yang bisa memberikan efek menyegarkan dan mencegah panas dalam, buah ini sangat rendah kalori, bebas lemak dan kolesterol, sehingga cocok dikonsumsi saat anda sedang berdiet.

5. Cegah Impotensi
Buah melon mengandung asam amino yang disebut dengan Citrullin yang dapat memproduksi arginine.

Arginine berguna dalam meningkatkan aliran darah, terutama aliran darah yang menuju organ seksual, Argarine bekerja sebagai stimulator yang memperlebar pembuluh darah, sehingga aliran darah menuju organ seksual menjadi lancar dan terhindar dari fungsi ereksi.

6. Baik untuk kesehatan mata
Buah melon juga kaya dengan kandungan beta-karoten yang berguna untuk meningkatkan ketajaman dan menjaga kesehatan mata, Beta-karoten akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A dan digunakan tubuh untuk memperbaiki fungsi mata, terutama dalam ruangan dengan pencahayaan minim,

menanam tanaman
(Sumber foto : limagrain.com)


Diolah dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar