Kamis, 28 Juli 2016

Metode Pengeringan Buah Kakao Paling Bagus

Buah cokelat bisa dikatakan mau tumbuh diseluruh pelosok Indonesia, ditempat saya sendiri di Pekanbaru pada mulanya saya sangsikan pohon cokelat bisa tumbuh, pasalnya di daerah tempat saya itu kata para ahli Geografi tanahnya mengandung banyak minyak, tapi setelah orang tua saya coba menanamnya ternyata pohon cokelat bisa tumbuh.

Berhubung saya sering menjemur buah cokelat dipekarangan maka kali ini saya ingin berbagi tips, bagaimana cara mengeringkan buah cokelat yang baik, baik dalam artian bentuk keringnya bagus sementara beratnya tidaklah menyusut, mari sobat pemirsa kita simak pembahasan dibawah ini.

Cara mengeringkan buah cokelat yang baik.

Sebelum pembahasan mengeringkan buah cokelat ini terlalu mendalam ada baiknya saya sampaikan terlebih dahulu, cara mengeringkan buah cokelat yang baik ini versi saya saja bukan versi dinas pertanian atau penyuluh pertanian di kampung saya.

Sebelumnya saya asumsikan buah cokelat sudah dipetik, adapun tahap pengeringan buah cokelat adalah sebagai berikut.

1. Kupas semua buah cokelat yang sudah dipetik.

2. Kumpulkan dalam satu tempat, bisa jadi dalam karung atau ember besar.

3. Sediakan air dicampur dengan garam sebanyak segenggaman tangan dalam baskom besar, kemudian aduk dalam air.

4. Diamkan air yang sudah diaduk dengan garam tadi sekitar sepuluh menit saja.

5. Setelah itu masukkan buah cokelat yang sudah dikupas tadi kedalam air garam tersebut.

6. Bilas buah cokelat yang direndam dalam air garam sampai diperkirakan hilang kulit putih sehingga yang tersisa itu hanyalah biji cokelat saja.

7. Setelah semuanya selesai di bilas, keringkan dibawah sinar matahari langsung.

Keuntungan dari model pengeringan cokelat seperti yang saya lakukan ini adalah cepat keringnya, dan penjemuran biji cokelatnya tidak terlalu lama, sehingga jika dijual ke petani pengumpul cokelat berat biji cokelat tidak terlalu turun.

Pernah suatu kali saya menjual cokelat sebanyak 200 kg, waktu itu harga cokelat dipetani pengumpul Rp 30.000/kg, Alhamdulillah dengan metode pengeringan ini saya jadi dapat uang banyak dari penjualan biji cokelat sebanyak 200 kg tersebut.

Bagaimana dengan anda sobat pengunjung, jika sobat ada bertanam cokelat pula tidak ada salahnya mencoba tips ini. Sekian dulu tips "Mengeringkan buah cokelat yang baik" versi saya.
Metode Pengeringan Buah Kakao Paling Bagus

selamat mencoba ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar